NodeMCU NodeMCU pada dasarnya adalah pengembangan dari esp8266 dengan firmware b erbasis e - Lua. Pada NodeMCU dilengkapi dengan mi...

NodeMCU- IoT board Modul Wifi Esp8266 Support Arduino IDE

NodeMCU

NodeMCU pada dasarnya adalah pengembangan dari esp8266 dengan firmware berbasis e-Lua. Pada NodeMCU dilengkapi dengan micro usb port yang berfungsi untuk pemrograman maupun power supply. Selain itu juga pada NodeMCU dilengkapi dengan dua buah tombol pushbutton yaitu tombol reset dan flash. NodeMCU menggunakan bahasa pemrograman Lua yang merupakan package dari esp8266. Bahasa Lua memiliki logika dan susunan pemrograman yang sama dengan c hanya berbeda pada syntax. Jika menggunakan bahasa Lua maka dapat menggunakan tool Lua loader maupun Lua uploder.
Selain dengan bahasa lua NodeMCU juga support dengan software Arduino IDE dengan melakukan sedikit pengubahan pada board manager pada Arduino IDE.
Sebelum digunakan Board ini harus di Flash terlebih dahulu agar support terhadap tool yang akan digunakan. Jika menggunakan Arduino IDE menggunakan firmware yang cocok yaitu firmware keluaran dari Ai-Thinker yang support AT Command. Untuk penggunaan tool Lua loader Firmware yang digunakan adalah firmware NodeMCU .Berikut spesifikasi dari NodeMCU DevKit v1.0
·         Wi-Fi Module – ESP-12E module sama dengan ESP-12 module tetapi dengan tambahan 6 GPIO.
·         USB – micro USB port for power, programming and debugging
·         Pin Header –  2x 2.54mm, 15 pin header GPIO, SPI, UART, ADC, dan pin catu daya
·         Tombol  Reset and Flash
·         Power supply 5V via micro USB port
·         Dimensi  49 x 24.5 x 13mm

NodeMCU memiliki 9 pin digital dan 1 pin ADC. NodeMCU dapat bekerja sendiri (standalone) sebagai microprocessor tanpa bantuan arduino atau yang lainnya.


0 komentar: